Rabu, 29 Oktober 2014

Menjaga Kesehatan Lansia

Beberapa Tips Untuk Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut

Tidur 6-8 jam setiap hari.
Manusia memerlukan istirahat antara 6-8 jam setiap harinya, tidak terkecuali lansia. Bagi lansia, istirahat penting dilakukan untuk dapat mengembalikan kondisi tubuh.

Minum air putih 3-6 gelas setiap pagi hari.
Setiap hari tubuh manusia mengeluarkan 1,5 liter cairan tubuh. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, lansia harus minum minimal 3-6 gelas air pada pagi hari.

Jalan kaki 15 menit setiap pagi.
Berolahraga memang sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Meskipun berusia lanjut, olahraga harus tetap dilaksanakan secara rutin sehingga tubuh lansia tetap bugar dan sehat.

One day one apple (satu hari satu apel).
Setiap hari lansia diusahakan untuk dapat memakan satu buah apel karena apel merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik. Selain itu terdapat berbagai manfaat yang dikandung apel, di antaranya memperlancar pencernaan, membersihkan paru-paru, dan menurunkan kolesterol.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Mencegah berbagai penyakit harus diusahakan, terutama bagi lansia. Alangkah baiknya para lansia mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin atau mineral, seperti buahbuahan, sayuran, kacang-kacangan, bijibijian, ikan, daging, susu dan produk susu, telur, hati, dan sebagainya.

Mengurangi santan, daging yang berlemak, dan minyak.
Dengan begitu, kolesterol darah lansia tidak meningkat. Jangan lupa gunakan sedikit minyak untuk menumis dan kurangi makanan yang digoreng.

Memperbanyak makanan berserat, seperti sayuran mentah.
Hal ini dilakukan agar pencernaan lancar dan tidak sembelit. Juga mengurangi konsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi agar gula darah normal, khususnya bagi lansia penderita kencing manis agar tidak terjadi komplikasi lain.

Banyak minum susu.
Susu mengandung kalsium yang penting untuk memperkuat tulang, mencegah terjadinya osteoporosis, dan mencegah tubuh membungkuk. Bagaimanapun caranya, usahakan minum susu menjadi rutinitas lansia.

re-post by .xander